haapapers.blogg.se

Membuat label berada di atas panel java
Membuat label berada di atas panel java












membuat label berada di atas panel java

set filenameLabel menjadi warna semula, pada saat button stop record ditekanĪudioInputStream sound = new AudioInputStream(mike) // Microphone stream set filenameLabel menjadi warna merah, pada saat button record ditekanįtForeground(recordColor) Jika fileOut panjangnya lebih dari nol, maka panggil fungsi getNewFile()įtText(fileOut.getName()) Mike = (TargetDataLine)AudioSystem.getLine(info) ("File tidak bisa dibuat : " + file.getName()) ĭataLine.Info info = new DataLine.Info(TargetDataLine.class, format) SoundFileName = filename + (filenameSuffix++) +įile = new File(currentDir, soundFileName) Membuat file baru, jika proses record terjadi StopRecording() // Memanggil fungsi stopRecording()

membuat label berada di atas panel java

StartRecording() // Memanggil fungsi startRecording() If(e.getActionCommand().equals("RECORD")) Public void actionPerformed(ActionEvent e) Record.addActionListener(new ActionListener() StopColor = filenameLabel.getForeground() ("File tidak bisa dibuat") įilenameLabel = new JLabel(fileOut.getName(), SwingConstants.CENTER) If((fileOut = getNewFile())=null) // Membuat file baru untuk penyimpanan suara JPanel filenamePane = new JPanel(new GridLayout(0,1)) ĬompoundBorder border = BorderFactory.createCompoundBorder(īorderFactory.createEmptyBorder(5,5,5,5),īorderFactory.createRaisedBevelBorder()) įtBorder(BorderFactory.createCompoundBorder(border,īorderFactory.createEmptyBorder(5,5,5,5))) Membuat panel dengan nama filenamePane

membuat label berada di atas panel java

Mengambil direktori yang sedang digunakanĬurrentDir = new File(System.getProperty("user.dir")) 3, suara dapat didengarkan kembali melalui komputer lain (memiliki prinsip client server).īerikut adalah contoh listing untuk menangkap suara dengan Java : ƒ Listing 1 > Recorder.java : Suara dimasukkan ke dalam file

membuat label berada di atas panel java

Semua model diatas, memiliki tujuan yang sama yaitu, agar suara yang telah dikeluarkan dapat didengarkan kembali. Suara dialirkan langsung ke dalam jaringan. Musical Instrument Digital Interface (MIDI) dataĭalam Java, untuk metode penanganan suara ada beberapa model yang bisa dilakukan, yaitu : 1. Data audio jenis ini memiliki dua palet lagi untuk dapat diimplementasikan sebagai suara, yaitu : ƒ Ģ. Sampled audio data merupakan library yang disediakan oleh Java yang dapat menangani gelombang suara. Komponen-komponen (2) import java.awt.* import dua buah tipe dari suara atau audio data yang terdapat di dalam Java Sound API, yaitu : 1. Text area list table tree slider tool tip progress bar color chooserįile chooser panel split pane scroll pane tabbed pane toolbar Komponen-komponen (1) Komponen-komponen GUI swing, diantaranya : „ „ „ „ „ „ „ „īutton radio button check box combo box menu label text field text pane Panel : harus berada didalam container lain, mendefinisikan area yg dapat diisi komponen lain Dua tipe Window container : Frame : window yg memiliki title & sudut yg dapat di resize „ Dialog : window yg tidak punya menu bar & tidak dapat di resize „ Mempunyai method paint untuk menggambar Component pada layarĬlass Container Kumpulan dari komponen yang saling berhubungan „ Mempunyai method add untuk menambah komponen „Ībstract Window Toolkit (2) Object ObjectĪbstract Window Toolkit (3) Terdapat dua Container utama : „ Window : sebuah window bebas di layar yg tidak tergantung pada Container lain. Package terdapat di java.awt Class Component „ Pendahuluan (2) Macam-macam GUI di Java : „ AWT (Abstract Window Toolkit) „ Swing (Lightweight, dibangun diatas AWT) „ SWT (buatan IBM)Įvent-driven Programming (1) Pemrograman di console : „ Kontrol eksekusi program terpusat (user harus mengikuti alur yg sudah diprogram) „ Sequence, percabangan & pengulanganĮvent-driven Programming (2) Event-driven programming : „ User menentukan apa yg ingin dilakukannya „ Komponen2 menunggu aksi/trigger dari user „ Komponen menghasilkan (fire) event „ Event ditangani oleh Listener yg sudah didaftarkan (di registrasi) Komponen Pengguna berinteraksi dengan komponen GUI melalui mouse, keyboard, dll. Pendahuluan (1) Graphical User Interface (GUI) „ Memberikan kemudahan kepada pengguna „ Terdiri dari komponen-komponen GUI „ Pendahuluan Event-driven Programming AWT, Swing & SWT Komponen-komponen GUI Layout manager














Membuat label berada di atas panel java